Kaca Tempered vs Kaca Biasa - Trik Memilih Kaca


Kaca selalu berhasil membuat hunian tampil modern dan futuristik. Namun, sebaliknya bila salah pilih kaca dan ukuran, hunian bisa tampak kacau. Selain dapat memberi kesan modern pada hunian, kaca juga dapat menjadi aset pemilik rumah tersebut karena sifat kaca yang fleksibel, yakni mudah dipindah-tempatkan. 

Kaca polos adalah jenis kaca transparan yang memiliki sifat bersih dan bebas distorsi. Kaca polos ditampilkan tidak berwarna sehingga mampu menembus cahaya lebih dari 90% ke dalam ruangan. 

“Sifatnya yang tembus pandang membuat kesan ruang tampak lebih luas karena view dari luar bisa terlihat dengan jelas,” ucap Yohannes Yulianto, penyedia kaca tempered dari Yuliaglass, saat ditanya KORAN SINDO mengenai material kaca yang semakin diminati dari tahun ke tahun. Yohanes bukan satu-satunya pengusaha kaca yang merasakan dampak ketenaran kaca. Hal ini pun dipertegas oleh Otniel Hia, pemilik Owan Glass, spesialis kaca dan kusen alumunium.

“Kaca itu mampu memberikan kesan modern dan membuat hunian tampil lebih berkelas,” ucapnya. Memang material kaca selalu berhasil memberikan kesan modern dan futuristik pada hunian. Terlebih efek yang diciptakan kaca dapat membuat hunian sempit tampil lebih luas. Efek inilah yang banyak disukai pemilik rumah dan para profesional. Karena itu, permintaan pasar terhadap kaca pun terus bertambah.

“Kalau pindah rumah, cukup lepas saja kaca dari rangkanya, kemudian pindahkan ke lokasi baru, sangat simpel dan mudah,” kata Otniel. Saat ini material transparan ini hadir dalam beragam jenis dan ketebalan yang dapat diaplikasikan, baik untuk rumah tinggal maupun gedung bertingkat. Namun, jenis kaca polos atau float glass dan kaca tempered adalah jenis kaca yang paling banyak diaplikasikan untuk hunian. 

Kaca polos dapat diaplikasikan untuk segala jenis penggunaan yang tidak bergerak, seperti partisi atau penyekat, kaca etalase, kaca furnitur, akuarium, dinding dekorasi, lemari, dan sebagainya. Untuk harga kaca polos, jauh lebih terjangkau, bergantung pada pemesanannya. Adapun kaca tempered adalah kaca biasa yang dipanaskan hingga suhu 5.000 derajat Celsius, kemudian didinginkan secara mendadak dengan menyemprotkan uap air.

Tujuannya untuk menghasilkan kaca yang kuat dan mampu tahan terhadap benturan benda keras. Terbukti kaca ini memiliki kekuatan 3 sampai 4 kali lebih kuat daripada jenis kaca biasa. Kaca tempered memiliki karakter yang aman digunakan karena bila terjadi benturan keras, tidak langsung pecah berkeping-keping, melainkan akan membentuk gumpalan tumpul, setelah itu jatuh secara serentak.

Bila Anda memiliki anak kecil, tentu kaca tempered sangat dianjurkan. Tingkat keamanan dan kekuatannya yang tinggi membuat kaca tempered dapat digunakan untuk segala jenis aplikasi hunian, baik benda bergerak maupun benda diam seperti partisi dan pengisi furnitur. Untuk harga, tentunya kaca tempered terbilang cukup mahal bila dibandingkan dengan kaca polos.

Hal ini karena sistem pembuatan dan lapisannya yang jauh berbeda. Otniel menambahkan, ketebalan kaca dapat disesuaikan dengan kebutuhan sang pemilik hunian. Oleh karena itu, sebelum mengaplikasikan, ada baiknya Anda mengenal jenis kebutuhan terlebih dahulu sehingga memudahkan dalam memilih material kaca. 

MENENTUKAN JENIS KACA YANG SESUAI UNTUK RUMAH ANDA

Menentukan jenis Kaca yang sesuai untuk rumah anda. Hal yang sangat penting selain menggunakan Kusen Dicky-UPVC yaitu menggunakan kaca produksi Asahimas, karena Kaca Asahimas memiliki berbagai varian jenis dan ketebalan yang di produksi dengan riset teknologi tinggi sesuai spesifikasi yang anda inginkan untuk rumah, kantor, dan apartment anda
Penentuan kaca berhubungan dangan kebutuhan atau spesifikasi ruangan yang ingin anda desain dan juga dalam penentuan budget. Artikel berikut kami harap bisa membantu anda untuk membantu anda untuk menentukan kaca yang tepat sesuai kebutuhan anda.

Secara umum jenis jenis kaca adalah sebagai berikut.
  • Clear Float Glass
  • Iced Glass
  • Rayban Glass
  • Reflective Glass
  • Tempered Glass
  • Laminated Glass
  • Double Glass
  • Kombinasi
Berikut adalah penjelasan karakteristik dan penggunaannya dari setiap jenis kaca:

Clear Float Glass
Clear float glass merupakan kaca dengan ketebalan yang dari 2mm – 19mm yang di produksi dengan sistem produksi float oleh Asahimas sehingga menghasilkan permukaan yang rata dan memiliki pantulan yang sempurna. Ketebalan kaca yang umumnya digunakan pada jendela/pintu yaitu 5mm, 6mm, 8mm, 10mm, dan 12mm, tergantung dari luas area jendela/pintu. Pada umumnya produk yang kami tawarkan pada jendela dengan ukuran normal menggunakan tebal 5 mm sedangkan pintu normal menggunakan 6mm. Kaca float merupakan standard bagi anda yang tidak memiliki spesifikasi khusus dan harganya paling terjangkau.



Iced Glass

Iced Glass atau kaca es merupakan kaca yang memiliki permukaan pada satu sisinya sehingga hanya bisa dilihat pada satu sisi. Ketebalan kaca yang tersedia hanya 5mm sedangkan untuk ketebalan lainnya kami sarankan untuk menggunakan stiker. Pada umumnya kaca jenis ini digunakan pada WC, kamar mandi dan juga pada area yang hanya dilihat dari satu sisi.



Kaca Rayban

Kaca rayban adalah kaca bening yang diwarnai dengan penambahan bahan metal pada kaca dan dapat menyerap sampai dengan 55% dari panas matahari sehingga dapat mengurangi penggunaan daya pendingin ruangan. Kaca Rayban ini hanya tersedia ukuran 5mm dan 6mm. Kaca jenis ini sesuai dengan anda yang ingin meredam pencahayaan berlebihan yang masuk dari luar, sehingga suasana ruangan lebih sejuk dan menghalangi pandangan orang untuk melihat ke dalam ruangan. Kaca Rayban sangat sesuai dengan profil Dicky-UPVC Laminate wood



Kaca Tempered

Karena proses pembuatannya, kaca tempered memiliki kekuatan yang lebih kuat dari kaca biasa (Clear float), dan bisa tahan temperature panas hingga 300 derajat celcius. Kaca tempered merupakan kaca yang aman untuk digunakan pada rumah, kantor dan tempat lainnya, karena lebih kuat 3 sampai 5 kali dari kata biasa, tidak gampang pecah dan jika pecah tidak akan melukai manusia atau property anda karena akan pecah menjadi serpihan kecil sehingga aman dan mudah dibersihkan. Pada umumnya kaca jenis ini digunakan di public area yaitu area dimana orang sering lalu lalang, pada posisi jendela yang tinggi (mengantisipasi jatuhnya kaca ke bawah dalam ukuran besar) dan juga bisa digunakan untuk jendela/pintu yang memerlukan kekuatan tapi membutuhkan beban yang ringan.



Kaca Laminate

Kaca laminate merupakan dua lembar kaca yang disatukan dengan satu atau lebih lembaran film polifinil yang transparan, fleksibel dan sangat kuat dengan dua atau lebih proses pemanasan, pengembangan dan penekanan. Oleh karena itu kaca Laminate sesuai dengan anda yang menginginkan tingkat keamanan dan perlindungan yang tinggi dan juga meredam suara lebih baik dibanding dibandingkan dengan jenis double glass lainnya. Kaca ini juga memilki 99% proteksi UV sehingga menjaga perubahan warna dari furniture anda dan menjadi ruangan tetap sejuk dengan tingkat cahaya yang normal. Pada umumnya kaca yang di rekomendasikan dua lembar kaca 5mm- 5mm dengan film PVB 3 layer, juag tergantung dari jenis dan ukuran jendela/pintu.



Kaca Double Glassing

Kaca Double Glassing merupakan kaca yang terdiri dari dua atau lebih lapisan kaca dipisahkan menggunakan aluminium atau jenis spacer di sekitar tepi. Kaca Double glassing mengurangi energi panas matahari langsung sehingga memberikan suhu kamar yang stabil tanpa terjadi kondensasi. Kaca Double glassing umunya digunakan pada ruangan yang memiliki perbedaan cukup tinggi dengan luar ruangan, sehingga sering digunakan untuk mengurangi biaya untuk AC, dan mengurangi kebisingan.



Kaca Reflective / Stopsol

Reflective Glass atau stopsol adalah kaca yang dilapisi dengan lapisan metal transparan oksida logam tipis melalui sebuah proses pyrolysis. Dengan lapisan tersebut, kaca yang dihasilkan akan menjadi lebih tahan lama bentuk dan warnanya. Pelapisan ini hanya dilakukan pada satu sisi permukaan kaca. Ada dua jenis Reflective Glass yaitu supersilver dan classic, dengan pilihan warna Clear, Blue green, Eurogrey, Dark Grey, Dark Blue, Green, dan Blue green Reflective Glass memiliki ketahanan kualitas, keindahan untuk jangka waktu lama karena ketahanan terhadap perubahan cuaca. Kaca ini memantulkan cahaya dan panas, serta mengurangi beban energy pendingin ruangan serta memberikan penampilan yang mewah dan modern.



Kaca Sunergy

Kaca sunergy adalah kaca yang diproses melalui proses vacumm sputtering, kaca bening dilapisi dengan beberapa material untuk menghasilkan sebuah produk kaca jernih dan transparan yang mampu menyerap panas matahari sehingga dapat mengurangi beban pendingin. Kaca Sunergy mempunyai karakteristik yang sangat bening yang memiliki kemampuan untuk menghemat energy dengan menolak panas dan sinar UV dari matahari hingga 87%. Kaca Sunergy tersedia dua warna yaitu Clear & Green.

0 Response to "Kaca Tempered vs Kaca Biasa - Trik Memilih Kaca"

Posting Komentar

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel